Minggu, 02 Desember 2012

Teknologi pendidikan





Perkembangan teknologi akhir-akhir ini sangat berkembang pesat. Mulai dari berkembangnya teknologi informasi seperti smartphone, internet, mobile, hingga teknologi dalam bidang pendidikan.

perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan lainnya.
 Perkembangan teknologi informasi dapat di aplikasikan dalam bidang pendidikan dengan:
  1. Berkembang nya pendidikan terbuka dengan modul belajar jarak jauh (Distance Learning).
  2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
  3. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Perpustakaan elektronik (e-library) merupakan salah satu revolusi teknologi informasi yang  tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas.
Dengan berkembangnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan, diharapkan kedepannya akan mampu merubah indonesia kembali menjadi bangsa  besar yang disegani oleh bangsa lain karena kemampuannya.
Kini belajar semakin mudah. Namun pada kondisi sekarang dengan adanya teknologi yang super canggih ini budaya mencatat pelajaran dalam pendidikan mulai ditinggalkan. Padahal dengan mencatat pelajaran tersebut banyak sekali manfaat yang didapat daripada hanya mendengarkan penjelasan guru. Mencatat sebenarnya memiliki banyak manfaat pertama siswa melihat apa yang ditulis kemudian membaca dan yang terakhir menyalin apa yang telah i abaca dengan cara mengingatnya. Nah dari situ maka ingatan siswa akan lebih panjang. Bayangkan jika hanya mendengar, sebagian munglin paham namun sebagian lagi bisa dipastikan masik kuping kanan dan keluar kuping kiri.
Terkadang teknologi memang membawa dampak positif bagi yang menggunakan tapi kadang adanya teknologi justru menjadikan pembodohan masal. Positif karena setiap orang yang menggunakannya pasti berfikir bagaimana cara membuatnya, dan menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi. Negative karena teknologi dapat membuat seseorang malas mengerjakan tugasnya.
Lalu bagaimana dengan teknologi pendidikan di Indonesia?
Sangat mengesankan. Sekarang hamper semua sekolah menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Mulai dari yang super canggih sampai yang biasa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar