Contoh Aplikasi Sederhana
(ARTIFICIAL INTELLIGENCE) KECERDASAN BUATAN
(ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Pada Permainan Framer Solution0
1. Instalasi Permainan
1. Instalasi Permainan
Instalasi permainan ini cukup mudah. Download pada alamat http://dimas347.wordpress.com/2009/10/26/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/. Tunggu proses download. Proses Download pada aplikasi ini cukup mudah dan cepat karena size dari aplikasi ini pun cukup kecil sebesar 36,334 MB. Dan dapat di install dalam berbagai macam PC. Jika proses download selesai klik
Maka proses
instalasi pada PC akan berjalan dan ikuti petunjuk penginstalan. Jika aplikasi
selesai diintal dapat di instal hasilnya pada dekstop anda makan disana akan
terdapat shoutcut yang memiliki nama Framer Solution.
Jika
terdapat gambar tersebut maka proses instalasi telah selesai. Selanjutanya
jalankan aplikasi Framer Solution tersebut.
2.
Aplikasi
Aplikasi
Kecerdasan buatan ini bernama Framer Solution. Aplikasi permainan ini cara
memainkannya cukup mudah. Caranya dengan mencari jalan keluar seorang Farmer
yaitu Petani. Yang memiliki perahu, kambing, serigala dan sayuran. Petani
tersebut ingin membawa muatan tersebut untuk menyeberang ke Pulau B. Karena
posisi petani bermula di pulau A dan ingin menyeberang ke Pulau B. Sedangkan
pada permainan ini memiliki aturan yang tidak begitu saja dapat menyeberangkan
dalam sekali muatan saja.Aturannya sebagai
berikut: Petani hanya bisa membawa 1 muatan saja.
Misal petani bersama sayuran.. Jangan satungan
Objek yang dapat saling memakan.Misal Kambing dengan sayuran hal tersebut tidak
berlaku karena kambing dapat memakan sayur.3.
Serigala dengan kambing. Jika disatukan dalam satu perahu atau satu tempat
serigala dapat memakan
kambing.
Permasalahannya, bagaiman menyelesaikan masalah Petani dengan membantu
menyeberangkan bawaannya melalui sungai dengan keadaan selamat dan barang
bawaan utuh sampai ke Pulau B.Tool dalam aplikasi ini yang harus dijalankan
yaitu :
- Kambing menyeberang
- Serigala menyeberang
- Sayuran menyeberang
- Kambing kembali
- Serigala kembali
- Sayur kembali
- Perahu kembali
Seperti pada
gambar dibawah ini
3.
Cara
Menjalankan
Cara menjalankan aplikasi Framer Solution cukup dengan menjalankan file
.exe dari Framer
Solution.
Tunggu beberapa saat maka aplikasi akan terbuka. Jalankan permainan dengan
perintah yang sudah ada. Cukup meng-klik nomor permainan pada Framer Solution.
Dan waktunya mencari solusi untuk mnyelesaikan permainan Framer Solution. Pada
saat menjalankan apllikasi ini akan terlihat dalam penggunaan pemikiran
masing-masing. Karena permaina ini membutuh kan trik-trik yang tidak
terpikirkan sebelumnya.Ingat aturan yang sudah ada. Jangan satukan objek yang
dapat saling memakan. Selesaikan permainan dengan aturan yang ada. Permaianan
ini akan membututhkan waktu dan pikiran tergantung si pemain. Jika dapat
memahami aturan yang sudah ada maka akan membutuhkan waktu yang sedikit untuk
menyelesaikannya. Tapi jika tidak memperhatikan aturan permainan yang sudah
tertera sebelumnya maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan mungkin
akan mengulang-ngulang nomor yang akan di klik dan tentunya tidak menemukan
jalan keluar bagi si petani.
Jika si pemain mungkin tidak menemukan jawaban dalam solusi Framer Solution
yang dijalankan maka aplikasi ini memberikan solusi dalam menyelesaikan problem
tersebut. Caranya dengan meng-klik menu “ SOLUSI” pada frame sebelah kanan
atas. Urutan-urutan dalam menyelesaiakan masalah Framer Solution akan ditampilakan.Seperti pada
gambar berikut : 4.
Aplikasi Menu-menu yang tersedia dalam aplikasi ini adalah menu utama.a. Menu
permaianan
Menu permainan ini digunakan untuk menentukan muatan mana yang akan
diberangkatakan dahulu dengan ketentuan yang sudah berlalu sebagai aturan
permainan.b. Menu Output
Menu Outpur adalah menu dimana hasil dari menu permainan yang sudah dipilih
pada angka-angka yang digunakan untuk muatan yang diberangkatkan dengan tampil
pada output sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk memikurkan muatan yang
akan diberangkatkan selanjutnya c. Menu Solusi
Menu solusi merupakan menu yang diberikan untuk pengguna yang tidak dapat
menyelesaikan permasalahan Framer Solution. Sehingga diberikan menu “ SOLUSI”
yang berisi urutan jawaban tentang solusi permaianan tersebut.
Jika permainan dijalankan misal dimulai
dengan pemilihan angka satu, di klik maka outputnya seperti pada gambar
berikut. Dalam gambar tersebut jika permaianan dimulai dengan meng-klik angka
satu maka dapat dilihat pada kolom meu output nya akan juga berubah sesuai
dengan perintah yang dijalankan pengguna aplikasi dan lanjutakan permainan
untuk menyelesaikannya.
Ingat jalankan aplikasi sesuai aturan jika tidak maka
jika slaha langkah maka hasilnya akan sebagai berikut.
5. Fungsi
Fungsi dari permainan Framer Solution ini merupakan permainan untuk melatih
otak dalam mengatur strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari
aplikasi framer bertujuan untuk pengetesan IQ pada siswa maupun pengguna
aplikasi ini.
Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan
jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik
yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang
hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah
ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan
permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang
kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan
mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal
permainan.
6.
Kegunaan
Guna dari aplikasi permainan Framer Solution ini memiliki peran dalam
pemberdayaan masyarakat lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya
bidang pendidikan dan pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu
kegunaan dari aplikasi ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang
akan datang yang memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi. Dalam
permainan ini ditanamkan program yang memiliki pemilihan keputusan yang sudah
diberi dalam perintah source coding. Yang memiliki tugas sebagai alur dalam
permainan Framer Solution. Sehingga permainan memiliki alur yang dapat diikuti
oleh pengguna. Selain itu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur
dalam bidang perkembangan ilmu tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses
perkembangan aplikasi kecerdasan buatan yang semakin berkembang dalam segala
bidang tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan,
ekonomi, maupun kemanan dan pertahan yang digunakan dalam negara.
7.
Alat
Aplikasi yang digunakan untuk membuat Framer Solution:
1. Aplikasi Netbeans
2. Bahasa pemrogramannya
adalah Java.
8.
Kekurangan
Dalam hal ini aplikasi Framer Solution juga memiliki kekurangan yang bisa
digunakan untuk cerminan aplikasi yang akan dibangun untuk
permainan permainan lainnya.
1. Tampilan yang kurang
atraktif.
2. Penggunaan gambar
yang kurang.
3. Hanya terdapat 1
permainan saja.
4. Tidak terdapatnya
menu help. Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini.
9. Kelebihan
Untuk kelebihan aplikasi Framer Solution ini merupakan aplikasi yang dibuat
sendiri oleh mahasiswa. Dan dapat didownload dan digunakan dengan free. Di
dalam web nya juga terdapat source code bagi programmer yang ingin
mengembangkan aplikasi yang ingin menggunakan solusi Framer Solution tersebut.
Kelebihannya juga mudah digunakan, simpel, dan menyenangkan. Dapat digunakan
untuk pembelajaran siswa siswi yang berada di tinggkat menengah maupun pengguna
yang ingin mengetes kemampuan berfikir simpel. Karena aplikasi ini dibuat
terlihat sulit tetapi solusi keluarannya yang mudah.
10. Sour Coding
Bagi pada programer yang ingin mengetahui source code Framer Solution
disediakan pula farmer-solution-source dalam bentuk zip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar